Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Memanasi Mesin Kendaraan.

Saat sebelum kita lakukan aktivitas olah raga, kita disarankan untuk lakukan pemanasan dan stretching supaya terbebas dari cidera. 

Analogi yang sama dengan terjadi pada mesin mobil kita. Untuk menghindar terjadi cidera pada mesin mobil kita, pemanasan mesin saat sebelum kita jalankan kendaraan jika mobil diparkirkan lebih dari 2 jam atau mesin dengan dingin ialah mutlak. Kenapa demikian?

Dalam mesin banyak elemen yang bergerak. Mayoritas dari pergerakan itu terjadi pergeseran antara elemen, yang selainnya mengakibatkan panas sudah pasti akan mengakibatkan keausan permukaan elemen. 

Untuk menahan hal tadi disebut, mesin memerlukan minyak pelumas atau kerap disebutkan dengan oli mesin. 


Saat mesin pada keadaan dingin, oli mesin bergabung di bak oli, atau kerap disebutkan dengan karter oli, sementara antara elemen yang bergerak seperti piston, noken as, kruk as dan yang lain, tersisa oli mesin yang ada kurang cukup banyak untuk lakukan pemulasan saat mesin bekerja. Disini kenapa pemanasan mesin dilaksanakan.

Saat mesin barusan dihidupkan, di saat itu pompa oli, yang bekerja membagikan oli ke semua sisi intern mesin, mulai bekerja. 

Dan saat barusan dihidupkan, oli sudah pasti memerlukan waktu untuk memulasi tiap elemen mesin, sampai ke beberapa sudut terasing, hingga jika pada kondisi ini mesin dipaksakan untuk bekerja dengan perputaran yang semakin tinggi dari stasionernya (lebih kurang 700 RPM pada mesin bensin dan 500 RPM pada mesin diesel) secara makin lama akan alami gesekan antara komponennya, dalam periode panjang tentu saja mesin akan alami keausan.

Maka dengan menyempatkan diri cuman 1-2 menit saja sehari-harinya  kita bisa perpanjang usia gunakan dari mesin mobil kita. Semoga bermanfaat!